Minggu, 03 Juli 2016

Tahap 1 Seleksi AFS/YES Bina Antarbudaya 2017-2018


Haloo.. 

Bulan Maret kemarin aku ikut seleksi AFS/Yes di Chapter Palembang. Oh ya, AFS (American Field Service) , YES (Youth Exchange kennedy Lugar) & AFS Short Program (Ke Jepang) adalah program pertukaran pelajar yang dikelola oleh Yayasan Bina Antarbudaya . Program ini hanya boleh diikutin oleh siswa/i SMA kelas X.

Yak! Cuma kelas sepuluh, jadi kelas 11 apalagi kelas 12 gak bisa ikut. Buat kalian yang mau ikut tahun selanjutnya, bisa cek dichapter nya. Saat ini hampir seluruh provinsi punya chapter masing-masing. Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di bina-antarbudaya.com.
Disini aku mau ceritain pengalamanku selama seleksi program diatas,
sebelum ikut aku suka kepo sama tulisan blog orang-orang lain yang kayak gini, >.<
Awal Maret sebelumnya, aku dateng ke acara sosialisasi bina antarbudaya di SMAN 17 Palembang. Sebelumnya aku udah tau program ini sejak kelas 9 dan udah ngerencanain untuk ikut juga. Bahkan tanggal pendaftaran tahun lalu kutulis besar-besar di Lemari dorm biar gak kelewat .__. Jadi aku semangat banget mau tau lebih lanjut
Di sosialisasi itu ada sesi pengenalan program, sharing tanya-jawab, dan ngobrol bareng returnee AFS/YES, Volunteer dan  kakak-kakak yang lagi jalanin program ini di luar negeri lewat skype .


Nah, buat yang mau ikut, baiknya cek website/ akun socmed chapter binabud masing-masing, bisa dicek digoogle kok, dia baik #lah  #cieee #elah. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar maret- april , tapi tahun-tahun sebelumnya juga pernah dibuka pas pertengahan februari.

Seperti yang udah aku jabarin di atas, rangkaian acaranya adalah perkenalan program-tanya jawab-sharing dsb, abis itu pin pendaftaran bisa dibeli langsung disana. Selanjutnya semua ngurus form sendiri-sendiri (yaiyalah –‘’), seminggu setelah itu libur dan aku mulai ngisi formulirnnya beneran di rumah. 

Oh ya, setelah beli pin di chapternya(notes: pin juga bisa beli online  ) pinnya mesti di aktivasi di seleksi.bina-antarbudaya.co.id . Pin cuma berlaku 2 minggu setelah diaktivasi... jadi jangan nunda-nunda ngisinya. Kalo lewat 2 minggu pin bakalan kadaluarsa dan harus beli lagi :’’). Selanjutnya kita harus buat akun *catet passwordnya biar gak lupa! * baru deh tinggal ngisi formulirnya secara online J
Formulir terdiri dari 8 halaman, ada biodata, riwayat pendidikan, foto peserta 3x4, essay referensi, kepribadian dll. Formulirnya diisi bener-bener ya, ini adalah berkas yang dipake selama seleksi loh. Harus bener-bener sesuai diri kamu gak dibuat-buat, karena bakal di tes saat lanjut ke wawancara..
Formulirnya bisa di save sementara kalo masih mau di ubah, tapi kalo udah diisi semua tinggal klik ‘’Finalisasi’’ nya, dan otomatis formulir terkunci dan gak bisa diubah lagi. Kemudian bakal muncul kartu peserta & surat rekomendasi orangtua untuk di download. Kartu peserta dan surat rekomendasinya langsung di print. Surat rekomendasinya diisi oleh orang tua dan ditandatangani, fotokopi kalo perlu.. dan kartunya disimpen baik-baik yak...
Tahap selanjutnya verifikasi formulir, kalo aku kemarin cuma disuruh ngumpulin surat rekomendasi dan kartu buat dicap. Di blog orang ada juga yang ngumpulin ini-itu... *Inget-inget tanggal verifikasinya, karna kalo kelewat itu bisa gugur*

Waktu itu aku sama Dima pergi bareng untuk verifikasi. Kita verifikasi hari sabtu, pas di jadwal pulang asrama. Di tengah hujan, alternatif ojek gak mungkin dipake. Jadi kita pesen taksi tapi... taksinya bilang 30 menit lagi, sedangkan kita takut sekolahnya udah tutup. Untung ada Gia dan kita ikut mobilnya (ehhehehhe) sampe ke depan Jubel... eh, taksinya lewat kwkwkwkwkkwkw #maafkan. Sampe di sana kita langsung diarahin untuk ke lantai atas tempat verifikasinya (bawa berkas yang udah dicetak di map) dan .... selesaii ! Tinggal nunggu seleksi..... !

TES TAHAP 1
Sebelumnya pas tau program ini kelas 9, udah niat banget buat belajar sejak dini #cailah. Soalnya di blog selalu tertulis ‘’tips : Peka-peka sama berita setahun terakhir, belajar RPUL dll...’’ tapi selalu aja ketunda sampe akhirnya tinggal 2 minggu tersisa buat ikut tahap pertama. Udah nyiapin strategi biar 2 minggu belajar tapi gak kerealisasi ... padahal udah baca review blog orang lebih dari 20an... dan PU itu gak bisa ditebak katanya ..  jadi khawatir. Tapi singkatnya tips utama buat tes PU ini adalah...
-          Care sama lingkungan, sama berita-berita yang lagi hangat gitu. Kalo kamu rajin baca majalah, nonton tv dsb sih kemungkinan besar ini bakalan lebih mudah.
-           Baca RPUL/ Buku Pintar dan semacamnya tentang mata uang negara, ibukota2, sungai terpanjang terpendek~ pokoknya semacam gitu lah
Ya.. itu kesimpulan aku setelah ngerjain tesnya. Tapi kronologinya versi aku sih gak sesuai banget, aku tinggal diasrama yang kegiatannya cukup .... lelah. Dan di Asrama selama setahun... jarang dan hampir gak pernah nonton tv dan gak ngerti berita terkini .. :’’)
Pas banget dalam 2 minggu itu juga ada lomba pramuka dan tugas yang menggunung +ulangan harian #balada #sambalada #sambalado @#@#!@#!
Jadi intinya aku mulai nyiapin diri cumaa.... seminggu sebelumnya, itupun cuma tes bahasa inggris sekilas-kilas, untuk PU Cuma buka internet dan rpul lama. Aku kurang ngeh sama rumus tenses ‘’is being-be-been etc’’ kapan harus pake ed kapan V3 dsb jadi aku milih baca-baca itu seminggu sebelumnya tiap jam istirahat sekolah, bahasa inggrisku parah.
Tiga hari sebelum tes, aku mulai buka internet dengan benar (cari berita) meski diselingi ig-twitter-fb dsb yang mungkin makan lebih banyak waktu daripada belajar #ckckck. Situs yang kubuka kayak yang disaranin di blog orang yang udah pernah seleksi gitu .. bbc detik.com kompas dsb lah.
DAY 1
Yah, aku pergi dari asrama jam setengah tujuh barengan Luthfita (temen kamar sebelaah ehe), Regita dan Tania, kita pergi bareng naik taksi. Yang lain pergi dari rumahnya masing-masing (karena itu jadwal pulang, dan kita emang sengaja gak pulang)
Sampe sana ternyata udah pada kumpul di Aula, jadi kita ikut nimbrung dibelakang. Setelah dikasih motivasi dan petunjuk teknisnya gitu, kita cek ruang ujiannya, kenalan sama beberapa temen dan pergi ke ruang masing-masing. Sedihnya pas di ruangan cuma aku sendiri yang dari MAN. yang lain ada temen gitu, sesama ignatius, sesama smansumsel... lah.... aku.
Sendiri .
Lagi.
#syalalala...
.....
Tahap pertama aku agak ngerepotin orang didepanku yang dari smanss, pokoknya aku minjem penghapus mulu... karena punyaku ketinggalan dimobil karena iseng aku puter-puter  #maafin :’’) Yang mau ikut jangan sampe ngerepotin kayak aku yak, huft.
Soal PU nya kayak gini deh..
1.      Hari Bumi
2.      Tentang tumbuhan
3.      Perjanjian Giyanti
4.      Joey Alexander
5.      Rio F1
6.      Gerhana
Yaa... pokoknya gitu. Meski beberapa gak bisa kujawab (pake insting doang).Setelah itu break dan kumpul sama temen-temen buat ke kantin.
Lanjut tes B. Inggris,... eeeee.. bener. Tes bahasa inggrisnya lumayan lebih mudah daripada PU, bener apa yang orang-orang bilang di blog .Yang jelas pasti ada Grammar, Simmiliar words, Vocab dsb
TIPS : biasanya disimilar words itu ada aja soal yang nanya nama anak binatang semacamnya gitu .. terus grammar ya pake rumus2  biasa ... gitulah #eee #tipsapaini
Dan terakhir.. essay.
Untuk essay, aku gak punya persiapan apa-apa. Tapi berhubung aku emang suka nulis jadi tulisannya lancar aja gitu. Kesalahannya adalah... aku ceroboh gak baca teknis dan langsung nulis... baru kurang dari setengah lembar dan udah niat nulis buat kesimpulan. Akhirnya kutambah lagi sampe jadi 1,5 lembar fiuuh dengan kalimat yang agak memaksa.
Info : Di bagian essay, kita disuruh milih satu dari 3 pertanyaan, essaynya sebanyak 500 kata atau ½ lembar folio,
Pas itu aku milih pertanyaan gini ;
’Sebelum menjadi pemimpin tentunya kamu akan jadi pengikut, bagaimana pengalamanmu menjadi pengikut dan apa ,.... yang bisa kamu ambil?’’
Agak sedikit minder ketika orang udah2 lembar nulisnya dan aku baru setengah, jadi mentok karena tulisan udah diarahin ke kesimpulan. :{
Tes tahap pertama selesai!
Dan terakhir, kita ngumpul dan foto-foto lalu.... pulang. :”|

Tes Tahap 2 di next post yakz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar