Minggu, 03 Juli 2016

Tahap 2 Seleksi AFS/YES Bina Antarbudaya 2017-2018



TAHAP KE 2

AAAAAAA !! Hari minggu inget kalo udah waktunya pengumuman, langsung ngecek pengumuman pagi-pagi, minjem hape temen kamar sebelah pulak. #--‘’ Terus cek website seleksi.bina-antarbudaya.com nya belum ada, cek ke sman17plg.sch.id dan.... ketemu!
’Pengumuman yang lolos tahap seleksi 2’’ dag-dig-dug.
Ya Allah, gak percaya sampe teriak kesenengan sampe fatim yang punya hape langsung keluar dari kamar mandi wkwkkwkw. Tapi ternyata yang lolos dari man3 cuma tinggal kami ber-3 ( Sekar, Nadya, Aku) yang lain ngga.... :’’( Seneng tapi ya.. sedih .
Info : Tahap kedua yaitu tes wawancara, ada 2 tes-> wawancara bahasa inggris & kepribadian. Meski agak ngeri denger kata bahasa inggris #whoop, tapi menurut orang-orang lebih gugup pas wawancara kepribadian .... jreng..
Minggu, 29 Mei 2016 (Tes tahap Kedua )
Bangun kesiangan!! Pas bangun jendela udah terang dan air dikamar gak ada rasanya tuh..... dramatis.Panik banget :’’) Numpang ke kamar sebelah buat mandi dan siap-siap sekilas. Baju aja belum disetrika jadi kalang kabut. Nadya dateng ke kamar, ternyata dia juga belum siap-siap sepenuhnya, -__-  akhirnya kita buru-buru makan dan minta izin keluar asrama cepet-cepet. Sekar gak ikut, dia ada sesuatu jadi gak bisa dateng huh sayang banget...  Akhirnya kita pergi berdua dan ternyata lagi-lagi disana udah pada kumpul di Aula, dan kita masuknya....... telat
Sehabis dikasih beberapa kata dan motivasi kita ngecek nama dan ruang masing-masing untuk tes.  Pas ngecek ruang, kenalan sama Defa dari SMAN 4 Lahat, dia dateng bareng 2 temen cowok dari sekolahnya. Kita nunggu dipanggil sambil ngobrol. Nadya ketemu sama temen-temen SMP nya, tapi .... gak ada dari SMP ku jadi aku belum kenal siapa-siapa. Dibanding sendirian, kenalan deh sama temennya dia, namanya Calvin (?) pokoknya dipanggil kevin tapi dia cewek #jsnajnfegn , sama satu lagi namanya Aisyah tapi dipanggil Icha ....  Terus ada kakak kelas kami yang kemarin ikut dan sampe seleksi tahap 3 dateng ngasih saran gitu ke kami dan nemenin ngobrol sampe jam 11-an , *thankyou kakak*
Defa dipanggil duluan buat tes wawancara bahasa inggris dan ketika dia balik sehabis tes wawancara kita langsung nanya-nanya wkwkkw, eh... gak lama kevin,.... terus  akhirnya aku. Dag dig dug.
Pas pertama masuk disuruh tandatangan dulu (detail banget nih) abis itu diarahin kakaknya ke meja paling ujung, sama satu guru sma17nya. Meja sebelah diwawancarain  2 orang tapi aku sama beliau aja. Diawalin dengan sapaan ringan jadi santai tapi aku tetep aja gak bisa ngilangin rasa gugup & gemeteran :’’) ntahlah.
‘’Hi, nice to meet you.’’
‘’Nice to meet u too, sir.’’ Terus aku nulis nama dulu dikertasnya,
Dan sir itu langsung mulai pertanyaan ‘’ Can u introduce ur self please?’’ dan akhirnya aku mulai jawab tentang nama, aku sekolah dimana, bahkan tanggal lahir *gak penting*, pokoknya semuanya ngalir aja.. meski gugup, badan aku doang yang bereaksi, suaraku jelas hamdalah.. Selama wawancara, pewawancara kayaknya cuma nanya berdasarkan jawaban kita, karena pas aku ngomong aku tinggal di asrama, mulai ditanyain soal asrama, saat aku ngomong pengen jadi menteri lingkungan, sirnya langsung nanya masalah  lingkungan .. saat aku ngomong soal sahabat ditanyain arti sahabat itu apa... .. ya, semuanya jadi terarah oleh jawaban kita sendiri, jadi be yourself aja. Jangan jawab yang gak tau di sok-sok tau in karena nanti jadi deep-dark-fears #whut. O ya pas ditanya soal arti sahabat aku jawab spontan (otak belum mikir tapi udah ngomong......//
; sahabat bukan orang yang selalu baik sama kita terus, bukan yang barengan sama kita terus tapi sahabat itu yang meski dia jauh dia tetep bakal kembali, saling support apapun caranya, ada saat kita butuhkan dan kita gitu juga sebaliknya, saling melengkapi satu sama lain. #wow #itsemejing #fantasticbaby #datafdyqwdudu3g
Dengan bahasa inggris yang seadanya, jawaban ngalir aja meski ada hal-hal soal lingkungan yang bikin susah dibuat kalimat jadi aku ngomong ‘’ i want to explain it but i can’t say it in english..’’ ckckkckckckk malu maluin amat. Pas ngomong ‘’young’’ aku bacanya jadi’’ yong’’ bukan ‘’yang’’ tapibeliau ya benerin aja, kayaknya itu bukan masalah besar #membeladiri #Bye.
Terus pas aku bilang suka gambar,beliau langsung ngeluarin kertas dan aku langsung kayak ‘’woaaaaa.... gimanaa??????’’ Aku emang suka gambar, tapi selama gambar aku masih suka nyontek dan kalo mau bagus pasti gambarnya lama. Semuanya berakhir spontan aku langsung megang penanya dan gemeteran ahhaha... aku gambar mata dan entahlah, jadi muka manusia yang gaje, ngadep samping dan dikuncir kayak gambaran anak sd.. , aku beneran bingung nginget gambar ini harus dijelasin maksudnya,.... jadi aku langsung gambar kayak kolom pikiran gitu yang isinya bintang dan tulisan ‘’day’’ .. sebenernya aku mau tulis dream tapi.. ah sudahlah. Aku beneran gugup, dan bingung sampe ngomong ‘’a, sir.. i can’t draw in this situation.....’’ im so nervous yolo dan sir nya ketawa.
Pas disuruh jelasin aku langsung bilang (lagi lagi spontan :’’)) Gambar ini, cewek ini adalah aku #hahahamampus dan dia lagi mikir, kalo dia bakal bersinar dan lebih baik di suatu hari (Day) ini. #aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa aku pengen keluar cepet cepet tuhaaan.
Yak pokoknya selama wawancara bahasa inggris aku sangaaaaaat gugup tapi juga santai seolah beliau emang udah deket sama aku gitu (?) , pas keluar langsung gabung sama kevin dan icha sama ada orang lain jadi heboh gaje ‘’’aaa tadi aku gini-gitublabalbakaabkbjsbdbdbw’’ dan jadi kenal juga sama yang orang lain tadi padahal sebelumnya gatau wkkwkwkkw.. aslinya aku jd ngerocos panjangxlebar kalo gitu.
Entahlah, di wawancara kepribadian aku dapet giliran paling akhir. Sistemnya sih kalo udah dipanggil tes bahasa inggris dan kepribadianya  boleh pulang, jadi semakin waktu berlalu makin sepi. Defa pulang, udah lama cerita sama kevin dan dia pulang... dan kenalan sama yang dari smanss yaitu Talita.. dan 2 orang lagi. Sampe akhirnya mereka harus pulang dan aku kenalan lagi sama seseorang namanya Fina dari bengkulu. Untung setelahnya aku dipanggil juga, dan pas itu badanku mulai keluar reaksi gak enak lagi, gugup .
Nunggu didepan ruangnya, kenalan lah sama yang namanya Meilin dari IGS, dan satu lagi dari SMA 3, dan.. akhirnya masuk ruang. Tes ini ditanyain berdasarkan formulir kita gitu, terus pas nunjuk bakat aku nari ..., awalnya pengen ngomong suka dance gitu kan tapi karena saat itu gugup banget jadi ya langsung nari tanggai dengan amat tidak lentik bung!!! Trus juga dapet pertanyaan yang agak menonjok (?)
‘’Nah gimana kalo kamu gugup gini mau ngejelasin indonesia ke orang luar? Gimana mau tampil di depan kakak-kakak returnee kalau gugup gitu?’’
‘’Suka nari dari SD ya.. seharusnya ya udah lentur gerakannya..’’
U,U pokoknya sedih dan ngerasa gak enak aja waktu itu. Ada banyak sih yang mau diomongin tapi badanku udah gemeteran banget.
Tes selesai, gak selama waktu tes wawancara bahasa inggris, terus pas keluar ruangan...
Perfect. Tinggal aku sendirian :’’) semua udah pulang, bener-bener terakhir dah. Keluar dan pulang ~ Dalem hati sih masih berharap tapi kalo gagal, ya ikhlas aja. Seleksi gini sih gagal ya siap ja. Tinggal doa nunggu pengumuman 2 minggu kemudian kan? ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar