Minggu, 19 Januari 2014

POINT PENTING DALAM DISKUSI KELOMPOK #MATERI SMP

Okeh, karena materi aku minggu ini adalah "DISKUSI" maka.. aku sekalian mau jelasin tentang hal itu :)
  1. Pengertian dan Tujuan
Pada dasarnya diskusi merupakan suatu metode untuk memecahkan permasalahan dengan proses berpikir kelompok. Oleh karena itu, diskusi merupakan suatu kegiatan kerjasama atau aktivitas koordinatif yang mengandung langkah-langkah dasar tertentu yang harus dipatuhi oleh semua kelompok. Diskusi kelompok akan berlangsung apabila orang-orang yang berminat dalam suatu masalah khusus berkumpul untuk mendiskusikan nya dengan harapan agar sampai kepada suatu penjelasan atau penyelesaian.  
--> Manfaat Diskusi Kelompok. Manfaat yang paling besar dari diskusi kelompok ialah kemampuannya memberikan sumber-sumber yang lebih banyak bagi pemecahan ,masalah ketimbang yang tersedia atau yang mungkin diperoleh. Diskusi kelompok juga sangat berguna apabila dua pandangan yang bertentangan harus diajukan dan suatu hasil yang bersifatmemilih” salah satu dari dua”. Diskusi juga perlu sekali bagi pemeritahan demokratis.

TUGAS-TUGAS Kelompok Diskusi
1. MODERATOR --> Membuka diskusi,mempekenalkan nama notulis,anggota penyaji ..Tugas moderator adalah mengendalikan jalannya diskusi
2. PENYAJI --> orang yang bertanggung jawab atas jalannya kegiatan diskusi dan materi diskusi yang di presentasikan saat itu.
3. NOTULEN ->
  1. Mencatat topik permasalahan
  2. Waktu dan tempat diskusi berlangsung
  3. Mancatat jumlah peserta
  4. Mencatat segala proses yang berlangsung dalam diskusi
  5. Menuliskan kesimpulan atau hasil diskusi
  6. Membuat laporan hasil diskusi (Lihat di  http://ghalisasmara.blogspot.com/2013/08/contoh-laporan-diskusi-kelompok.html)
  7. Mendokumentasikan catatan tentang diskusi yang telah dilakukan                                                                                                                                                                        4. ANGGOTA --> Membantu diskusi memecahkan masalah,menjawab pertanyaan,dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar